Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Mobil Listrik Mungil nan Cantik

     Pertumbuhan dan Penambahan penduduk di perkotaan membuat semakin sempitnya ruang gerak dan makin meningkatkan indeks pencemaran udara. Jalan-jalan di Kota-kota besar identik dengan macet yang diakibatkan tidak seimbangnya antara penambahan jumlah kendaraan dengan penambahan ruas jalan. Perlu dilakukan inovatif dan strategi dalam mengatasi kemacetan yang makin parah dari hari kehari dan mencari alternatif kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Salah satu strategi yang dapat diterapkan yaitu dengan memakai kendaraan yang lebih mungil dan memakai listrik sebagai sumber penggerak kendaraan. Kendaraan / mobil listrik apa saja yang telah diciptakan oleh para produsen mobil untuk kaum urban, kita simak bersama. 

 

1.         Mobil Nissan NMC

Kenjiro Den, Rokuro Aoyama, Meitaro Takeuci, Yoshisuke Aikawa pada Tanggal 26 Desember 1933 mendirikan Nissan Motor Company Ltd. Berkantor Pusat di Nishi-ko,Yokohama, Japan. Pada Tahun 2011 Nissan Motor Company Ltd masuk dalam produsen mobil terbesar keenam di Dunia. Mobil ini dilengkapi  baterai Lithium-Ion berkapasitas 61 kwh. Baterai ini full setelah di charge selama 3,5 jam dengan tegangan 220 volt. Mampu menempuh jarak sejauh 64 km dengan kecepatam maksimum 40 km / jam. Di banderol dengan harga sekitar 6500 – 700 euro dan untuk pasar Amerika 7280-7840 dollar ( sekitar 112 juta rupiah ).

Mobil Nissan NMC


2.     Honda Micro Commuter

Honda  Motor Company Ltd didirikan pada 24 September 1948 oleh Seichiro Honda. Berkantor Pusat di Minato,Tokyo,Jepang. Konon awalnya diciptakan untuk sebuah Perusahaan Makanan dan Minuman ternama yakni Tashima. Mobil ini dilengkapi Baterai Lithium 15 kwh yang membuatnya mampu menempuh jarak 90 km dalam keadaan baterai terisi penuh dan mempunyai kecepatan sekitar 65 km / jam. Memiliki dimensi Panjang 2500 mm, Lebar 1450 mm, dan Tinggi 1250 mm. Untuk pasar jepang di banderol dengan harga 600.000 Yen atau 78 juta dalam mata uang rupiah.

Mobil Listrik Honda Micro Commuter


3.       Toyota i – Road

Toyota Motor Corporporation didirikan pada Tahun 1937 oleh Kiichiro Toyoda. Berkantor Pusat di Toyota City, Jepang. Perusahaan mobil terbesar di dunia dalam hal Penjualan ini memiliki karyawan sebanyak 324.747 orang ( 2012 ) dan menghasilkan 8 - 8 ,5 juta unit mobil setiap tahunnya. Dibandingkan dua mobil diatas, bentuk Toyota i – Road lebih ramping. Memiliki Panjang 2345 mm, Lebar 870 mm, dan Tinggi 1455 mm. Menggunakan baterai Lithium-Ion membuat mobil listrik ini mampu memnempuh 50 km / jam dengan kecepatan 60 km / jam. Sampai saat ini belum ada keterangan resmi berapa harga yang dibanderol pihak Toyota dan banyaknya hoaks mengenai harga mobil ini. Konsep kendaraan ini menggabungkan fungsi motor dan mobil tetapi sayangnya hanya  mampu memuat satu orang saja.

Mobil Listrik Toyota i – Road


4.     Renault Twizy

Renault didirikan oleh Renault bersaudara (Louis,Marcell,Femand) pada Tanggal 25 Februari 1899,di Perancis. Pemerintah perancis sendiri memiliki 15 % saham perusahaan Renault. Aliansi antara Renault – Nissan membuat Renault menjadi semakin kokoh dalam kancah produsen otomotif. Salah satu inovasi dari Renault adalah Renault Twizy. Mobil listrik yang mempunyai banyak keunggulan dalam berbagai aspek. Renault Twizy memiliki panjang 2320 mm, Lebar 1190 mm, dan Tinggi 1190 1460 mm. Mobil ini telah dilengkapi dengan air bag sebagai fitur keamanan bagi pengemudi. Mobil ini menggunakan baterai Lithium-Ion 13 kwh yang membuatnya mampu menempuh jarak jauh dengan kecepatan 80 km / jam. Menurut pihak Renault mobil ini dipasarkan dengan harga 110 – 150 juta / unit untuk pasar eropa. 

 

Mobil Renault Twizy


5.     Yamaha Motiv-e

Yamaha didirikan pada tanggal 12 Oktober 1887 oleh Tarakusu Yamaha berkantor pusat di Hamamatsu,Shizuoka,Jepang. Memiliki karyawan sebanyak 51.474 orang (2010). Selama ini Yamaha dikenal masyarakat melalui kendaraan roda dua yang sukses dipasaran serta brand alat music YAMAHA yang unggul, meskipun masih banyak produk lain dari Yamaha. Tidak mau ketinggalan dari para produsen otomtif lainnya, Yamaha sedang mempersiapkan mobil pertama buatan Yamaha yang akan meramaikan industry otomotif. Mobil pertama buatan Yamaha ternyata bukan mobil berbahan bakar bensin melainkan mobil bertenaga listrik yang dinamai Yamaha Motiv-e. Belum ada keterangan resmi dari pihak Yamaha berapa harga yang dibanderol mobil listrik Yamaha Motiv-e.

Mobil Listrik Yamaha Motiv-e